Android Market telah ditutup dan Google pun memperkenalkan Google Play. Sebuah layanan yang menyatukan Google Music, Google eBookstore, dan Android Market. Semua layanan tersebut sekarang bisa dinikmati dalam satu pintu, yaitu Google Play. Tentu layanan ini akan sangat menguntungkan bagi pelanggan setia Google, dan perubahan ini juga sudah dimudahkan dengan prosedur migrasi layanannya.






Secara otomatis peningkatan ini dilakukan secara otomatis melalui Over The Air (OTA). Dengan menyetujui terms of service Google Play, maka Android Market akan dihapus dan digantikan dengan Play Store. Setelah saya melihat isi dalam aplikasi Play Store tersebut, tak ada perubahan yang signifikan, hanya mengganti nama dan icon aplikasi saja.


Sebagai pengguna akan sangat diuntungkan, hanya dengan login ke Google Play akan terintegrasi ke layanan Google lainnya, tentunya akan memudahkan dalam menikmati dan membeli layanan tersebut, tidak perlu lagi untuk berpindah dari satu toko ke toko lainnya.


Google Movies, membuat penggunaanya bisa menyewa film selama 24 jam, dengan tarif sekitar USD4. Dan Play, membuat pengguna bisa menyaksikan film tersebut dari segala perangkat, meskipun tidak akan sesederhana menekan pause pada ponsel kemudian menjalankannya kemabli di layar yang lebih besar.


Google Books, bisa dikatakan sebagai salah satu bagian terbaik Google Play. Pengguna yang membaca sebuah buku menggunakan aplikasi ini dan keluar dari aplikasi tersebut, maka ketika membuka kembali akan menemukan halaman yang terakhir dia baca. Meskipun, bila pengguna membukanya melalui desktop. Pengguna juga bisa membaca buku secara offline.


Google Music, seperti halnya Google Movies, belum ada sesuatu yang baru di dalam aplikasi ini. Pengguna bisa menunggah musik dari perpustakaan pribadinya atau membeli melalui desktop, ponsel cerdas, maupun tablet. Lagu atau album tersebut akan diunggah ke seluruh perangkat, tapi pengguna tidak bisa menekan pause pada ponsel cerdas dan memainkan lagu itu dari posisi yang sama di desktop.


Selain meluncurkan Google Play, Google juga menyelenggarakan program "7 Days to Play". Di sini pengguna layanan Google dapat menikmati penawaran album, buku, penyewaan video dan aplikasi Android dengan harga khusus. Menarik bukan ?

sumber

Comments

Popular Posts